10 Langkah Aman Ke Restoran Saat Covid-19 Masih Mengancam

10 Langkah Aman Ke Restoran Saat Covid-19 Masih Mengancam

2020_06_01-14_42_04_7cb7e1f1fd8cd7448c4c816b3c2ced15_960x640_thumb

Pelatihan Restoran – Masih berlangsungnya masa pandemi Covid-19 mendorong Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merilis ‘Arahan Bepergian’ termasuk di dalamnya arahan saat ke restoran.

Dikutip dari Forbes, Senin (15/6/2020), berikut 10 arahan dalam melayani pengunjung di restoran dan bagaimana Anda bisa makan di restoran dengan aman.

  1. Cari restoran melalui media sosial yang menerapkan protokol kesehatan

Jika dalam website atau media sosial dari restoran yang Anda kunjungi tidak punya informasi protokol kesehatan, maka restoran itu tak direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Ini menandakan pengelola restoran tidak memedulikan pentingnya protokol kesehatan. Namun ini menandakan pemilik restoran masih meremehkan pandemi ini.

  1. Lakukan reservasi, tanyakan juga apakah para pelayan menggunakan masker selama bekerja

Selama masa pandemi jika Anda hendak pergi ke restoran sebaiknya Anda menelpon terlebih dahulu, dan tanyakan apakah para pekerja mengenakan masker. Jika petugas di restoran yang menjawab telepon Anda masih kaget dengan pertanyaan itu, hal ini juga perlu diwaspadai sebab kesehatan Anda seharusnya menjadi prioritas mereka.

  1. Pakailah face shield selama Anda di dalam ruangan

CDC menyarankan, selama bepergian Anda perlu memakai face shield atau pelindung wajah. Saat hendak makan barulah Anda melepas face shield tersebut.

  1. Jagalah jarak, termasuk dengan sesama pengunjung restoran

Jika Anda makan bersama orang yang tidak Anda kenali, atau ketika Anda makan bersama orang yang baru Anda kenal untuk kencan, Anda tidak perlu melakukan perbincanngan dan berbisik-bisik. Anda harus menjaga jarak, dan bersikaplah senyaman mungkin untuk menjaga jarak.

  1. Mulailah memarkir kendaraan sendiri tanpa mengandalkan valet

Jagalah kendaraan Anda bebas virus dengan selalu memarkir sendiri kendaraan Anda tanpa mengandalkan jasa valet. Hal ini karena Anda perlu mewaspadai untuk berpegangan tangan dengan petugas valet untuk memberikan tip.

  1. Atur jarak selama menunggu giliran masuk ke restoran

Anda harus mengatur jarak setidaknya enam langkah dengan pengunjung lain selama mengantri di lobi, pintu masuk, atau ruang tunggu masuk ke restoran.

  1. Cucilah tangan Anda ketika masuk ke restoran

Jika Anda sudah terbiasa mencuci tangan, Anda pun tetap harus menanamkan kebiasaan mencuci tangan begitu masuk ke restoran. Hal ini penting karena Anda tidak pernah tahu selama perjalanan Anda bertemu dengan siapa.

  1. Restoran wajib mengatur tempat duduk aman untuk setiap pengunjung

Jika tidak ada angina tornado, ada baiknya ventilasi dalam restoran dibuka untuk membantu sirkulasi udara. Dalam restoran pun Anda harus melihat penempatan antar meja harus berjarak enam langkah.

  1. Tak perlu andalkan layanan sendiri, atau self-service

Bagi Anda yang suka mengandalkan self-service, misalnya menaruh nampan dan piring pada tempatnya, kini Anda harus mengurangi kebiasaan itu. Kebiasaan self-service membuat Anda ikut menyentuh perlengkapan makan yang pernah dipakai orang lain. Sementara Anda tidak pernah tahu apakah orang yang pernah memakai perlengkapan yang sama dengan Anda dalam keadaan yang sehat.

  1. Cek toilet restoran

Sebelum menggunakan kamar kecil di restoran, cek kelengkapan toilet yaitu sabun, tissue, ataupun hand sanitizer 60% kandungan alkohol. Mencuci tangan di ruang publik seperti restoran memiliki risiko kesehatan dan sarana penularan karena itu tempat berkumpulnya sisa kuman. Jika Anda menemukan bahwa sabun dalam toilet sudah kosong, begitupun tissue, segeralah melapor. Jangan menunda pengecekan justru setelah Anda selesai di toilet.

Arahan dari CDC ini masih berbentuk anjuran umum jika Anda hendak bepergian keluar rumah. Tetap waspada dengan potensi transmisi virus secara lokal yang terjadi di lingkungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>