20 Kebijakan Kepala Daerah di AS Soal Penutupan Restoran

robot-pekerja-restoran-cepat-saji-1--reuters-sheng-liMerebaknya wabah virus corona di dunia membuat masing-masing kepala negara mengambil keputusan guna melindungi warga negara dan memutus penyebaran infeksi.Presiden Amerika Serikat Donald Trump merilis pedoman untuk negaranya terkait virus corona. Salah satunya mendesak agar setiap warga negara menghindari makan dan minum di bar, restoran, atau pusat kuliner.Pedoman itu pun diikuti oleh para pejabat negara bagian dan kota di Amerika Serikat. Mereka mulai mengambil langkah-langkah untuk membatasi peluang kontak orang ke orang dengan menutup bar dan restoran. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari Fox News, Selasa (17/3/2020) :

1. California

Gubernur California Gavin Newsom tidak secara tegas meminta bar dan restoran untuk tutup. Tetapi pada 15 Maret lalu dirinya mengatakan, “Bar, klub malam, kilang anggur, dan tempat pembuatan bir harus ditutup di CA.” Restoran juga harus fokus terhadap yang terisolasi.

2. Los Angeles

Walikota Los Angeles Eric Garcetti memerintahkan semua bar dan restoran di kota ditutup hingga 31 Maret. Namun layanan bawa pulang dan pengiriman masih akan tersedia.

3. Connecticut

Pada 16 Maret Gubernur Ned Lamont mengumumkan penutupan semua bar dan restoran di negara bagian efektif mulai pukul 8 malam. Layanan bawa pulang dan pengiriman masih akan diizinkan.

4. Denver, Colorado

Walikota Denver Michael B. Hancock mengumumkan dalam konferensi pers semua bar dan restoran akan ditutup untuk makan di tempat mulai 17 Maret sampai 11 Mei. Layanan bawa pulang dan pengiriman masih diizinkan.

5. Illinois

Pada 15 Maret Gubernur JB Pritzker memerintahkan penutupan bar dan restoran sejak 16 Maret hingga 30 Maret. Layanan bawa pulang dan pengiriman masih diizinkan.

6. Indiana

Gubernur Eric J. Holcomb mengumumkan pada 16 Maret semua bar dan restoran harus ditutup untuk pelanggan yang datang langsung. Aturan berlaku hingga akhir Maret dan layanan pengiriman masih diizinkan.

7. Kentucky

Pada tanggal 16 Maret Gubernur Andy Beshear mengambil keputusan makan di restoran hanya boleh dilakukan sampai hari itu pukul 5 sore. Selanjutnya restoran hanya melayani bawa pulang dan pengiriman.

8. Louisiana

Pada tanggal 16 Maret Gubernur John Bel Edwards memerintahkan penutupan bar dan restoran hingga setidaknya 13 April. Pengiriman dan pengambilan makanan masih akan tersedia.

9. Maryland

Pada tanggal 16 Maret, Gubernur Larry Hogan mengeluarkan perintah untuk menutup semua bar dan restoran. Layanan bawa pulang dan pengiriman masih diizinkan.

10. Massachusetts

Pada 15 Maret Gubernur Charlie Baker mengumumkan bahwa makan di tempat di restoran dan bar akan dilarang sejak tanggal 17 Maret hingga 6 April. Pengiriman dan bungkus makanan masih diperbolehkan.

11. Michigan

Pada 16 Maret Gubernur Gretchen Whitmer mengumumkan penutupan sementara semua bar dan restoran hingga waktu yang tidak ditentukan. Bawa pulang dan pengiriman masih akan tersedia.

12. New Hampshire

Pada tanggal 16 Maret Gubernur Sununu mengatakan bahwa bar dan restoran hanya boleh melayani pelanggan yang mengambil dan mengantar makanan. Pertemuan umum terbatas hingga 50 orang atau kurang.

13. New Jersey

Pada tanggal 16 Maret Gubernur Phil Murphy memerintahkan bar dan restoran untuk menghentikan layanan makan malam sampai pemberitahuan lebih lanjut. Bawa pulang dan pengiriman masih akan tersedia.

14. New York

Pada 16 Maret, Gubernur Andrew Cuomo mengonfirmasi penutupan bar dan restoran di seluruh negara bagian. Bawa pulang dan pengiriman masih diizinkan.

15. Ohio

Gubernur Mike de Wine mengumumkan pada 15 Maret bahwa bar dan restoran akan tutup untuk pengunjung. Bawa pulang dan pengiriman masih diizinkan.

16. Pennsylvania

Pada 16 Maret Gubernur Tom Wolf mengatakan semua bar dan restoran di Pennsylvania akan terbatas pada bawa pulang dan pengiriman.

17. Puerto Rico

Pada tanggal 15 Maret, Puerto Rico mengonfirmasi bahwa restoran dan bar akan ditutup untuk makan malam hingga 30 Maret. Bawa pulang dan pengiriman masih akan tersedia.

18. Texas

Pada tanggal 16 Maret, wilayah dan kota Dallas mengumumkan bahwa semua bar, restoran, pusat kebugaran, dan teater akan tutup. Restoran masih dapat menyediakan layanan pengiriman dan bawa pulang.

19. Vermont

Pada 16 Maret, Gubernur Phil Scott memerintahkan semua bar dan restoran tutup. Restoran masih dapat menyediakan layanan pengiriman dan bawa pulang.

20. Washington

Pada tanggal 15 Maret Gubernur Washington Jay Inslee mengumumkan bahwa bar dan restoran tidak lagi dapat melayani pelanggan secara langsung, meskipun pengambilan dan pengiriman masih akan tersedia. Perintah mulai berlaku 17 Maret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *