Asyik! Bisa Dapat Gelato Gratis Kalau Sering Pakai Sepeda di Kota Ini

gelatooPelatihan Bisnis Gelato– Sebuah Kota  memilih memberikan hadiah bir atau gelato gratis bagi warganya. Gelato dan Bir merupakan hadiah yang menarik bagi warganya.  Ada banyak cara menggiatkan penggunaan transportasi publik. Beberapa kota di Amerika Serikat meluncurkan program bike-share atau penggunaan sepeda untuk mendorong penduduknya beralih ke transportasi publik. Selain bisa meredam kemacetan, transportasi sepeda juga dinilai lebih ramah lingkungan. Di Italia, kota Bologna turut mengusung konsep serupa. Bedanya, pemerintah kota memberi iming-iming bagi warga yang mau beralih ke transportasi hijau ini. Dilaporkan BBC News, tahun lalu perencana kota Marco Amadori didukung pemerintah setempat dan Uni Eropa meluncurkan program Bella Mossa yang berarti “Good Job” dalam bahasa Inggris. Bella Mossa mengharuskan penggunanya mengunduh aplikasi BetterPoints.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa mencatat semua perjalanan berkelanjutan mereka. Bisa melalui jalan kaki, bersepeda, atau memakai transportasi umum lain. Perjalanan nantinya diverifikasi oleh GPS ponsel dan kemudian pengguna akan mendapat poin virtual.

Poin yang terkumpul nantinya bisa dipakai untuk membeli makanan dan minuman di lebih dari 100 bisnis lokal yang bekerja sama dengan Bella Mossa. Food & Wine (29/10) menyebut program ini sukses.

Dalam 6 bulan di tahun lalu, Bella Mossa mencatat adanya 2.2 juta mil perjalanan terdaftar menggunakan transportasi umum. Sedangkan tahun ini ada sekitar 10.000 pengguna Bella Mossa. Amadori menyebut tujuan program ini bukan hanya total perjalanan, tapi juga jumlah pemakaian transportasi umum. “Sistem pengumpulan poin bukan berdasar pada jarak Anda bepergian, tetapi dalam perjalanan tunggal. Karena penting jika Anda melakukan perjalanan singkat 1 km secara berkala,” jelas Amadori.

Seorang reporter BBC Wolrd Hacks, Amelia Hemphill, mencoba aplikasi ini di Bologna. Setelah 8 kali perjalanan dan mendapat bonus, ia bisa menukar poinnya dengan gelato gratis. Bukan hanya gelato, poin juga bisa ditukar bir atau tiket nonton.

“Meski begitu kamu hanya bisa mendaftarkan 4 perjalanan per hari, jadi orang-orang harus terus menggunakan aplikasi ini untuk memenangkan hadiah,” pungkas Amelia. Nah, bagaimana menurut kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *