Bisnis Restoran dan Penyediaan Mamin Tumbuh di Jawa Timur

the-general-space1Perekonomian Jawa Timur yang tumbuh hingga 5,25% pada Triwulan ke II tahun 2015 ini terutama pada sektor lapangan usaha penyediaan akomodasi makanan dan minuman, diantaranya restoran dan rumah makan.”Bisnis restoran dan usaha penyediaan makanan dan minuman seperti rumah makan, ternyata pada Triwulan ke II tahun 2015 ini bertumbuh cukup tinggi sekitar 7,15%. Ini bukti bahwa industri penyediaan makanan dan minuman masih cukup menarik,” terang M. Sairi hasbullah Kepala BPS Jawa Timur , Rabu (5/8/2015). Lebih rinci Sairi menjelaskan bidang penyediaan akomodasi makanan dan minuman memang bukan hanya restoran atau rumah makan tetapi juga industri makanan dan minuman.”Ini artinya di Jawa Timur lapangan usaha di bidang kuliner dan sejenisnya, berkembang. Mudah-mudahan ini menjadikan indikasi pertumbuhan ekonomi yang bagus di Jawa timur,” tambah Sairi.

Ditambahkan Sairi, setelah penyediaan akomodasi makanan dan minuman sebagai lapangan usaha yang tumbuh, disusul kemudian bidang jasa pendidikan juga mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan perekonomian di Triwulan ke II tahun 2015 di bidang jasa pendidikan dipastikan Sairi karena bertepatan dengan tahun ajaran baru.

“Banyaknya sekolah memulai tahun ajaran baru kemudian mendongkrak pertumbuhan jasa pendidikan di Triwulan ke II tahun ini. Kemarin itu memang berbarengan dengan tahun ajaran baru SD, SMP dan SMA,” tukas Sairi.(tok/dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *