Hotel dan Restoran di Yogyakarta Bisa Buka, asal Terapkan Protokol Kesehatan

Hotel dan Restoran di Yogyakarta Bisa Buka, asal Terapkan Protokol Kesehatan

Capturedzs

Pelatihan Restoran – Beberapa hotel dan restoran di Yogyakarta berencana untuk kembali beroperasi. Hotel dan restoran ini akan kembali beroperasi pada Juni 2020. Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/5/2020), menyampaikan bahwa hotel dan restoran yang rencananya bulan Juni beroperasi kembali harus menerapkan protokol kesehatan. Standar protokol kesehatan ini penting untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelum kembali beroperasi, tuturnya, hotel dan restoran juga terlebih dulu perlu melengkapi sarana dan prasarana untuk penerapan protokol tersebut. “Sepanjang melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas, saya kira tidak ada masalah,” tegasnya. Menurut dia, selama pademi ini ada beberapa hotel dan restoran di Yogyakarta yang masih buka. Mereka beroperasi dengan menerapkan standar protokol Covid-19.

Paket Stay Safe Bahkan agar tetap bisa beraktivitas, lanjutnya, hotel membuat paket khusus selama pademi Covid-19 ini. “Mereka bahkan punya paket namanya Stay Safe. Hotel menyediakan paket isolasi mandiri, tentunya dengan standar kesehatan, kalau mengharapkan wisatawan datang kan enggak ada,” urainya. Menurut dia, pengawasan terhadap hotel dan restoran tetap dilakukan. Pengawasan ini guna memastikan protokol Covid-19 benar-benar dijalankan. Ia menambahkan, jangan sampai dengan kembali beroperasi, hotel dan restoran menjadi tempat penyebaran Covid-19. “Iya, tidak hanya dari Dinas Pariwisata, tetapi masyarakat bisa, kalau sekarang ini Gugus Tugas, kan ada bagian penegakan, kemudian bisa melibatkan Polisi, Pol PP, dan sebagainya,” tegasnya. Sementara itu, Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY, Biwara Yuswantana, mengatakan akan berkomunikasi dengan PHRI DIY terkait rencana beberapa hotel dan restoran yang akan buka. “Kami di Gugus Tugas kan ada bidang ekonomi, nanti dari sana kami akan komunikasi.

Tapi prinsipnya protokol kesehatan harus tetap ditaati,” tandasnya. Gugus Tugas akan memantau terkait rencana beberapa hotel dan restoran yang akan buka pada Juni 2020. “Pemantauan pasti, termasuk juga rencana hotel itu saya kira menjadi bagian dari pemantauan kita di gugus tugas,” pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, beberapa hotel dan restoran di Yogyakarta rencananya kembali beroperasi pada awal Juni 2020. Hotel dan restoran yang akan kembali beroperasi ini diwajibkan untuk menjalankan protokol Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *