Ini bedanya rumah makan ayam goreng Suharti dengan Ny. Suharti

ini-bedanya-rumah-makan-ayam-goreng-suharti-dengan-ny-suhartiBagi pecinta kuliner, khususnya yang berbahan dasar ayam, pasti pernah merasakan lezatnya sajian ayam kremes di rumah makan Ny. Suharti. Ayam kampung dengan bumbu rempah yang khas dan disajikan dengan sambal menjadi ciri khas rumah makan yang telah ada sejak lebih dari 30 tahun silam.Namun tahukah Anda, jika rumah makan asal Yogyakarta ini memiliki cerita unik di belakangnya, khususnya pada logo rumah makan. Yup, jika Anda mencari di mesin pencari seperti Google, maka akan terpampang dua logo rumah makan yang menggunakan nama ‘Suharti’.Rumah makan yang bergambar dua ekor ayam, betina dan jantan yang mengapit huruf S di dalam lingkaran dan bertuliskan ‘Ayam GOreng Ny. Suharti’. Satu lagi rumah makan menggunakan foto seorang wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa yang berada dalam lingkaran dan bertuliskan ‘Ayam Goreng Suharti’.
Seperti dikutip dari majalah Tempo, kedua rumah makan tersebut dikelola oleh dua orang Suharti dan suaminya Sachlan. Keduanya sepakat menggunakan nama ‘Ayam Goreng Ny. Suharti’ sebagai nama rumah makan mereka.

Rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti berdiri pada 1972 dan berlokasi di JL. Sucipto No.208, Yogyakarta. Pada 1984, keduanya sepakat untuk mengembangkan rumah makan di beberapa tempat di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan.

Terdapatnya dua logo rumah makan yang menggunakan nama Suharti bermula saat Suharti bercerai dengan suaminya.

Pilihan Suharti untuk berpisah dengan sang suami menjadi bumerang bagi dirinya. Rumah makan ‘Ayam Goreng Ny. Suharti’ kemudian menjadi milik suaminya yang terdaftar sebagai pemilik resmi rumah makan tersebut. Akibatnya, semua aset kemudian dikuasai sang suami.

Setelah pecah kongsi dengan suami, pada Oktober 1991, Suharti memberanikan diri membangun rumah makan ayam goreng yang juga menggunakan nama ‘Suharti’. Yang membedakan, dirinya tidak memakai kata ‘Ny’ di rumah makannya.

Selain itu, sebagai pembeda, Suharti kemudian memasang wajahnya sebagai logo rumah makan barunya, ‘Ayam Goreng Suharti’. Kini orang lebih mengenal rumah makan ayam goreng Suharti miliknya, yang memajang foto dirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *