Kisah Bangun Bisnis Restoran, Pria Ini Jadi Miliarder Dunia

restoran juawan

Haidilao merupakan salah satu restoran hotpot yang tersohor. Akibat restoran ini, pendirinya yaitu Zhang Yong menjadi pria terkaya di Singapura. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD13 miliar atau Rp177,25 triliun (kurs Rp13.635 per USD). Zhang Yong tidak serta merta mendapatkan kekayaan dari orang tuanya. Dia dulunya adalah orang dari kalangan miskin. Zhang Yong lahir pada 1970 di daerah pedesaan Jianyang, China. Dia terlahir dari keluarga miskin. Masa kecilnya dihabiskan dengan membaca buku dari perpustakaan di daerahnya “Saya dari pedesaan, di mana orang pedesaan percaya bahwa jika Anda mengambil uang dari orang lain dan Anda tidak membawa manfaat bagi mereka, maka Anda adalah pembohong,” ujar Zhang pada 2013 silam, seperti dilansir dari Business Insider.

Setelah lulus SMA, Zhang bekerja sebagai tukang las di pabrik traktor. Zhang menghasilkan USD14 atau Rp190.000 per bulannya.

Setelah enam tahun lamanya bekerja di pabrik, dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Lalu dia mendirikan restoran hot pot sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *