Korea Selatan Tambah Ratusan Restoran Ramah Muslim

584cf72622f17-gangnam-seoul-korea-selatan_663_382Pelatihan Rumah Makan dan Restoran – Organisasi Pariwisata Korea (KTO) kembali mendorong pembukaan restoran halal di kawasan Korea Selatan. Kali ini, tercatat ada 117 restoran baru yang akan meramaikan kuliner di Korea Selatan dengan sertifikasi muslim-friendly atau ramah muslim. Dilansir Asia One, Minggu 30 Juli 2017, dengan tambahan 117 restoran, kini tercatat sebanyak 252 restoran halal, di mana wisatawan muslim dapat nikmati, di negara tersebut. Yang diharapkan, agar umat muslim bisa semakin leluasa dalam menjelajah Korea Selatan tanpa harus khawatir mencari kebutuhannya yang layak.”Sistem klasifikasi restoran muslim-friendly adalah proyek yang telah dikerjakan KTO sehingga wisatawan muslim di Korea dapat menikmati makanan mereka tanpa khawatir,” demikian penjelasan KTO yang dikutip Asia One.

Dijelaskan pihak KTO, ada empat sertifikasi yang berbeda dari ratusan restoran tersebut. Di antaranya halal certified, self-certified, muslim friendly, dan pork free.

Restoran halal certified adalah restoran yang menyajikan makanan halal dan telah mendapatkan sertifikasi dari organisasi sertifikasi eksternal setelah melakukan proses evaluasi. Kemudian, self-certified adalah restoran dengan pemiliknya sendiri yang menyatakan bahwa menu mereka hanya menyajikan makanan halal.

Sementara muslim-friendly menawarkan pilihan makanan halal dan non halal pada menunya. Sedangkan pork free adalah restoran yang tidak mengandung daging babi dalam setiap sajiannya.

Dari 117 restoran bersertifikasi muslim-friendly, 75 persennya berada di daerah pedesaan. Selain itu, KTO mengumumkan bahwa pada September dan Oktober 2017 mendatang, Korea Selatan akan menjadi tuan rumah ajang Halal Restaurant Week.

Mereka akan mengundang beberapa koki terkenal dari berbagai dunia. Sekaligus, mempromosikan restoran bersertifikasi muslim-friendly tersebut agar semakin luas, khususnya di Korea Selatan. (mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *