Mengenal “Rindu Kampung”, Restoran ala Indonesia di Korea Selatan

restoran singapurapelatihan restoran – Dalam setahun, 300 ribu WNI berkunjung ke Korea Selatan. Kalau di Busan, ke mana mencari makanan khas Indonesia? Banyak orang Indonesia mulai berkunjung ke kota kedua terbesar di Korsel, Busan. Meskipun di sini terdapat sekitar 7 ribu pekerja WNI, bukan berarti mudah menemukan restoran Indonesia, apalagi berlabel halal. Salah satu yang bisa diandalkan adalah restoran Rindu Kampung di #532-1 Gwaebeop-Dong, Sasang-Gu. Di restoran yang didirikan oleh Helda Malini ini menyediakan aneka macam masakan Indonesia yang relatif mak nyus. Mulai nasi sate, bebek, ayam, bakso, hingga nasi goreng petai dan sop kambing.  Adapun minumannya ada STMJ, wedang jahe, es campur hingga teh botol. “Rasanya seperti masakan saat kita berada di Indonesia saja. Bumbu-bumbunya juga meresap sehingga membuat lidah bergoyang-goyang. Harganya pun tidak tergolong mahal. Saya rekomendasikan WNI yang kangen masakan Indonesia dan halal bisa datang kemari,” ujar Listy, pelancong asal Jakarta.


Di resto ini, bukan hanya makanan yang ditawarkan. Para pelanggan juga dipersilakan main bilyar dan dimanjakan dengan pijat elektronik. Bahkan bagi yang suka tarik suara, tersedia ruang karaoke.
Rindu Kampung memang tidak persis di tengah kota, namun bukan berarti di luar kota. Untuk mencapainya bisa menggunakan transportasi umum. Yang jelas kalau sedang rindu kampung halaman, restoran ini siap memberikan obatnya.
Uniknya, sang pemilik restoran menyatakan sudah sangat rindu pulang kampung. Setelah merantau sekian lama, ia ingin menghabiskan masa tuanya di bumi parahyangan. Dalam beberapa tahun kedepan, ada kemungkinan, bisnisnya ini akan dijual.
Helda mengaku memasang investasi hingga Rp 1 miliar saat mendirikan Rindu Kampoeng tahun 2014 lalu. Pengunjung ramainya adalah hari sabtu dan Minggu. Bahkan kalau hari raya Korea yang disebut Chuseok, bisa meraup jutaan won, alias miliaran rupiah dalam beberapa hari saja. Silakan mampir kalau berkunjung ke Busan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *