Pelatihan Coffee Cupping

Pelatihan Coffee Cupping

Pelatihan Coffee Cupping  -Sebelum kopi sampai ke tangan konsumen, kopi itu akan di-cupping atau dicicip beberapa kali dulu selama perjalanannya dalam industri kopi. Setiap kali dicicip, cupper akan berusaha mencari apakah ada rasa-rasa berbeda lagi yang lain di dalamnya. Ini juga penting untuk menetapkan konsistensi karakteristik dari kopi itu sendiri sebelum notes-nya dituliskan secara resmi. Coffee cupping atau coffee tasting adalah proses mengobservasi rasa sebelum kopi itu beredar dalam cangkir para penikmat kopi. Coffee cupping dilakukan oleh para professional yang telah terlatih tapi praktek saat ini dapat dilakukan untuk skala non komersial dan siapapun. Proses coffee cupping terjadi pada dua indera yaitu di hidung dan di mulut, karena melalui dua indera ini sensasi cupping terasa lebih luar biasa. Bagian pertama adalah aroma dengan menggunakan indera hidung, yang dapat menemukan berbagai aroma di masing-masing kopi. Bagian kedua adalah pencicipan menggunakan indera mulut, dengan cara menyeruput kuat sehingga kopi dapat terlempar di seluruh mulut dan akan terasa karakternya. Proses kedua ini ialah tentang cita rasa, jejak rasa, karakter asam, karakter manis, karakter pahit, karakter asin, maupun rasa inti kopi. Terakhir, barulah dapat ditentukan sifat-sifat kopi.

Coffee cupping mengenalkan seseorang tentang sifat-sifat kopi diantaranya sifat sweetness, acidity, mouthfeel, dan flavor. Sweetness adalah rasa manis yang dimiliki kopi. Accidity adalah rasa asam. Jika kopi memiliki rasa asam terlalu banyak maka dikategorikan ‘sour’. Apabila asamnya enak maka membuat kopi lebih crispy atau juiciness. Mouthfeel merupakan kopi yang memiliki rasa yang ringan, lembut, sensasi penuh di mulut yang mirip seperti teh. Mouthfeel dapat terasa lebih kaya, creamy, dan heavy. Sedangkan, flavor sekedar mengecap, merasakan bagaimana aroma atau rasa kopi. Rasa kopi yang berbeda perlu digambarkan dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh konsumen.

Coffee Cupping memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sangat ketat, karena didesain untuk sebuah penilaian pada kopi. Oleh karena itu, kalau hendak bekerja di bidang kopi, mengerti cara cupping maka belajar coffe cupping sangat diperlukan. Minimal ketika seseorang diberikan selembar kertas dengan berbagai kategori dan angka di dalamnya, maka secara langsung dapat memberi sebuah bayangan seperti apa rasa kopi yang sedang dihadapinya.

Untuk itu telah disusun Pelatihan Coffee Cupping selama 2 hari, dengan lingkup materi meliputi: Pengenalan dasar Coffee Cupping meliputi alat, kualitas dan karakteristik biji kopi, rasa dan urutan proses Coffee Cupping; Pengenalan SOP Coffee Cupping;  Proses Persiapan Sampel Cupping; Praktik Teknik-Teknik Coffee Cupping; Praktik Breaking the Crust; dan Menganalisis Coffee Cupping. Untuk informasi pelatihan dapat menghubungi ke nomor 0816592791.

Jadwal Pelatihan Coffee Cupping 

Angkatan 1, 28-29 Januari 2019
Angkatan 2, 25-26 Februari 2019
Angkatan 3, 25-26 Maret 2019
Angkatan 4, 29-30 April 2019
Angkatan 5, 27-28 Mei 2019
Angkatan 6, 24-25 Juni 2019
Angkatan 7, 29-30 Juli 2019
Angkatan 8, 26-27 Agustus 2019
Angkatan 9, 23-24 September 2019
Angkatan 10, 28-29 Oktober 2019
Angkatan 11, 25-26 November 2019
Angkatan 12, 30-31 Desember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *