Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran

DIMSUM

Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran – Restoran merupakan salah bisnis pendukung pariwisata. Industri pariwisata sendiri merupakan industri yang rentan pada perubahan dan perkembangan jaman. Disisi lain tantangan restoran menjadi sangat kuat manakala bisnis ini berkembang dimana-mana sehingga memerlukan perencanaan yang nyata (bisnis plan). Perlu penyesuaian Perubahan yang terjadi adalah pergeseran motivasi dalam melakukan kunjungan wisata. Sedangkan tren berwisata juga mengikuti perkembangan jaman. Saat ini merupakan jaman teknologi informasi yang begitu mudah dan dapat diakses oleh semua orang. Bahkan hanya melalui ponsel pintarnya seseorang dapat mengatur perjalanan wisatanya. Industri pariwisata juga semakin berkembang dan salah satunya adalah kuliner. Bagi wisatawan, dapat dikatakan kuliner merupakan salah satu daya tarik untuk melakukan kunjungan wisata ke suatu daerah.

Wisatawan datang ke suatu daerah untuk berburu atau bernostalgia dengan makanan daerah tersebut. Wisatawan tidak segan mengeluarkan sebagian “bekalnya” hanya untuk memenuhi keinginan mencicipi makanan atau minuman khas suatu daerah. Pengeluaran untuk urusan perut bagi wisatawan merupakan pengeluaran kedua terbesar setelah untuk akomodasi dan kontribusinya dapat mencapai 40% dari total pengeluaran wisatawan. Berdasar hal tersebut, maka dalam membangun usaha restoran diperlukan konsep resto yang jelas, standar pelayanan dan standar pengelolaan agar mampu bersaing dengan restoran lain.

Oleh karena itu, disusun Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran yang dilaksanakan di Yogyakarta selama 2 hari. Adapun materi meliputi

  • Analisis pasar dan pemasaran

Analisis pasar dan pemasaran menekankan pada produk/jasa yang dihasilkan, gambaran pasar, target atau segmen pasar yang dituju, trend perkembangan pasar terkini. Proyeksi penjualan, strategi pemasaran, analisis usaha pesaing dan saluran distribusi yang akan digunakan.

  • Analisis produksi

Pada bagian ini dijelaskan proses produksi, bahan baku dan penggunaannya, kapasitas produksi dan rencana pengembangan produksi.

  • Analisis Sumber Daya Manusia

Pada bagian ini dijelaskan tentang analisis kompetensi SDM yang dibutuhkan, analisis kebutuhan dan pengembangan SDM, serta rencana kebutuhan pengembangan SDM.

  • Rencana Pengembangan Usaha

Bagian ini menjelaskan tentang rencana dan tahapan pengembangan usaha restoran.

  • Analisis keuangan

Keuangan merupakan salah satu aspek dalam pengembangan suatu usaha. Pada bagian ini dijelaskan tentang laporan keuangan, rencana kebutuhan investasi, rencana arus kas (cash flow) rencana kebutuhan pinjaman (jika diperlukan), rencana pengembalian dana pinjaman serta identifikasi agunan yang dimiliki.

  • Analisis dampak dan risiko usaha

Suatu usaha tentunya mempunyai risiko sesuai dengan karakteristik usahanya. Pada bagian ini akan dijelaskan risiko atau dampak terhadap masyarakat sekitar, dampak terhadap lingkungan, analisis risiko usaha dan antisipasi risiko usaha restoran.

Untuk informasi pelatihan dan pendaftaran Jadwal Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran serta informasi untuk  Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran di lokasi tertentu dapat menghubungi  082226191381,  0816592791, 081328867181

Pelatihan Penyusunan Bisnis Plan Restoran

Angkatan 21, 23-24 Januari 2020
Angkatan 22, 6-7 Februari 2020
Angkatan 23, 4-5 Maret 2020
Angkatan 24, 8-9 April 2020
Angkatan 25, 5-6 Mei 2020
Angkatan 26, 17-18 Juni 2020
Angkatan 27, 2-3 Juli 2020
Angkatan 28,13-14 Agustus 2020
Angkatan 29, 2-3 September 2020
Angkatan 30, 1-2 Oktober 2020
Angkatan 31, 4-5 November 2020
Angkatan 32,15-16 Desember 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *