Perkawinan Panda Tingkatkan Nilai Saham Perusahaan Restoran Ini

Perkawinan panda bisa memberi keuntungan pada restoran di sekitar kebun binatang. Seperti yang dialami sebuah restoran di Tokyo.Awal pekan ini, dua panda di Kebun Binatang Ueno kawin untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Hal ini tidak hanya membuat bahagia pencinta hewan yang menantikan kehadiran bayi panda. Tapi juga bagi Totenko Co. Totenko Co. merupakan perusahaan pemilik sebuah restoran China sangat dekat dari kebun binatang, pandasebut The Daily Meal (01/03). Laporan Bloomberg (27/02) menyebut meski singkat namun pengumuman sesi kawin 52 detik dari panda Shin Shin dan Ri Ri menyebabkan lonjakan 9,9 persen nilai saham perusahaan pada perdagangan sore.

Terdapat kenaikan saham 2,9 persen dalam volume perdagangan saat penutupan. Ini hampir lima kali lebih banyak dibandingkan rata-rata tiga bulan. Bukan pertama kalinya perusahaan mengalami peningkatan saham karena panda. Pada tahun 2012, Shih Shin melahirkan anak yang menyebabkan lonjakan harga saham perusahaan. Tapi bayi itu mati enam hari kemudian karena pneumonia, lapor South China Morning Post.

Setahun setelah kematian bayi panda, harga saham Totenko naik lagi ketika kebun binatang mengumumkan Shin Shin mungkin hamil lagi. Sebulan kemudian diumumkan bahwa Shin Shin ternyata tidak hamil.

Menurut Bloomberg, dampak ekonomi dari panda pada bisnis lokal, baik hamil atau tidak, diperkirakan sebesar $89 juta (Rp 1,2 triliun) per tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *