Perusahaan Jerman Bantu Tingkatkan Kualitas Restoran di Mataram

slide-8Perusahaan internasional milik pemerintah Jerman, GIZ membantu para pengusaha restoran di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meningkatkan kualitas layanan sebagai salah satu strategi memajukan pariwisata.Advisor GIZ NTB Agung Gde, mengatakan, bantuan yang diberikan dalam bentuk pelatihan cara memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung dan bagaimana mengelola keluhan konsumen. “Program pelatihan kepada pengelola restoran dan rumah makan dimulai Oktober dan akan terus dilakukan secara berkelanjutan,” katanya di Mataram, Minggu (4/9).Program pelatihan tersebut, kata dia, merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di NTB.

Menurut Agung, pengelola rumah makan dan restoran di Kota Mataram, belum pernah tersentuh pelatihan. Padahal sektor tersebut merupakan salah satu bagian terpenting dalam mendukung kemajuan pariwisata di suatu daerah. Sebagian besar wisatawan yang menginap di hotel mencari menu makan di restoran atau rumah makan, terutama malam hari. “Pariwisata dan kuliner adalah satu mata rantai yang tak terpisah dari dunia pariwisata,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, program pelatihan tersebut melibatkan para pakar yang tergabung dalam wadah Asosiasi Hotel Mataram (AHM). Pelatihan tersebut juga melibatkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Mataram dan Dinas Pariwisata Kota Mataram. “GIZ merancang programnya, nanti dari AHM menyediakan tenaga ahli yang siap mentransfer ilmunya di bidang pelayanan kepada pengelola rumah makan dan restoran,” ucap Agung.

Sementara Ketua BPPD Kota Mataram, Yusril Arwan menyambut baik program pelatihan bagi pengelola restoran dan rumah makan yang dilakukan GIZ karena memberikan andil besar terhadap pariwisata. “Jumlah restoran dan rumah makan mencapai ratusan dan terus bertambah setiap tahun,” kata dia.

Keberadaan bisnis tersebut, menurut dia, sangat besar manfaatnya bagi perekonomian Kota Mataram karena banyak menyerap tenaga kerja dan hasil pertanian serta peternakan di daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *