Restoran di Amerika Pekerjakan Robot untuk Memasak Daging Hamburger

wendyPelatihan Restoran dan Rumah Makan -Di era digital saat ini, nampaknya semua masyarakat setuju bahwa perkembangan teknologi sangat membantu aktivitas mereka sehari-hari. Bahkan kehadiran robot di berbagai industri kuliner membuktikan bahwa kecanggihan teknologi berperan besar dalam perkembangan bisnis mereka.  Selama ini memang telah banyak restoran yang menggunakan jasa robot untuk melayani para pengunjung yang datang. Ada pula robot yang bertugas mengantarkan makanan untuk jasa pesan antar yang disediakan oleh restoran. Namun, sebuah robot yang khusus bertugas membolak-balikkan daging hamburger mulai dikembangkan belum lama ini. Diluncurkan sejak bulan Maret lalu, robot yang diberi nama Flippy ini dirancang untuk membantu para koki yang harus bekerja ekstra dalam mengolah hamburger. Tugas juru masak yang cukup berat mulai dari memasak daging patty hingga menyusun hamburger, menuntut para koki harus bekerja cepat saat banyaknya pelanggan yang datang. Kesulitan inilah yang menjadi alasan para teknisi robotik untuk merancang robot yang bisa menunjang pekerjaan para pembuat hamburger di seluruh dunia.

Flippy sendiri dirancang oleh perusahaan robot terkemuka, Miso Robotics. Ia resmi digunakan oleh salah satu gerai hamburger ternama asal Amerika, Caliburger. Restoran Caliburger telah memperkerjakan robot ini untuk membantu para juru masak di dapur restoran cabang Pasadena, California. Berdasarkan Tech Crunch, CEO dan juga pendiri Miso Robotics, David Zito, mengatakan bahwa Flippy memang dirancang khusus untuk memasak daging patty.
Dilengkapi dengan sensor dan kamera yang bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk membolak-balikkan serta menyudahi proses pemasakan daging patty, alat ini dianggap mampu membantu para pembuat hamburger untuk bekerja lebih cepat. Rencananya, Caliburger akan menempatkan Flippy di setiap cabang restoran milik mereka yang tersebar hampir di 50 wilayah di seluruh dunia. Dilansir The Daily Meal, komputerisasi Flippy akan terus dikembangkan agar nantinya robot ini bisa mudah beradaptasi dengan menu-menu musiman yang terbaru. Sayangnya, tak dilengkapi informasi lebih lanjut mengenai harga pasti robot ini. Namun, diperkirakan harga yang ditaksir disesuaikan dengan kualitas dan kemampuan dari robot Flippy. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *