Restoran di Chicago Ini Padukan Budaya dan Kuliner Indonesia

the-general-space1pelatihan restoran -Sebuah restoran di Chicago, ‘Rickshaw Republic’, merupakan tempat makan yang menjual masakan Indonesia dan dikelola Oscar Setiawan dan keluarga sejak tahun 2013. Rijsttafel’ yang berisi aneka ragam makanan khas Indonesia, menjadi menu favorit di restoran tersebut. Oscar mengatakan, selain Risjttafel masih banyak menu Indonesia lainnya.”Kebanyakan yang kita feature itu adalah resep-resep mama saya yang adalah orang Palembang dan juga besarnya di Jakarta,” kata Oscar.Ia menambahkan, sebelum membuka ‘Rickshaw Republic’, dirinya harus meyakinkan orangtuanya yang sebelumnya memiliki restoran Indonesia di Boston. Dikutip dari VOA Indonesia, Senin (15/5/2017), restoran tersebut mengusung konsep fine casual yang mencoba memadukan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia.

“Kita tetapkan business plan kita, dan menyebutnya sebagai theme restaurant, di mana orang datang ke sini, mereka tahu bahwa ini bukan cuma restoran yang menyediakan makanan, tetapi restoran yang menampilkan kekayaan Indonesia kepada pelanggan dan tamu kami, jadi mereka bisa merasakan Indonesia di Chicago,” tutur Oscar.

Dekorasi restoran tersebut juga menggunakan ikon-ikon Indonesia yang menimbulkan rasa penasaran pengunjung tentang Tanah Air. Hal itu selaras dengan pangsa pasarnya, yakni foodie lokal yang mau mencoba sesuatu yang baru dan unik.

Salah seorang pengunjung restoran ini, William Debbrn, mengaku suka dengan makanan yang disajikan karena tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Selain itu, restoran tersebut juga membidik warga Amerika yang pernah mengenal Indonesia secara budaya ataupun kuliner. Patricia Kendall, yang pernah menetap di Jakarta pada akhir tahun 90-an, mengaku senang ketika restoran ini dibuka di Chicago.

“Selama ini tidak pernah ada restoran Indonesia di Chicago dan saya senang sekali dengan rendang dan nasi goreng, enak sekali,” ujarnya.

Walaupun agak disesuaikan dengan selera lokal, makanan yang disajikan di ‘Rickshaw Republic’ selalu dibuat tanpa memakai bumbu instan untuk mempertahankan otensitasnya.

“Ada beberapa orang yang bilang bahwa kita adalah duta lokal untuk Indonesia, dalam hal memperkenalkan makanan dan budaya Indonesia,” ujar Oscar.

‘Rickshaw Republic’ tampaknya sukses mengusung konsep ini, hingga permintaan pelanggan pun datang untuk membuka cabang di daerah pinggiran kota Chicago.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *