Restoran Indonesia Tembus Pasar Jepang

wadah-unik-bisa-jadi-penglaris-restoran-UoRiAleCVzDi era pasar bebas sekarang (MEA), restoran di Indonesia sudah bisa menembus pasar internasional. Setelah Malaysia, kini restoran Indonesia hadir di Jepang. Ini menjadi momentum untuk sejumlah restoran di Tanah Air agar go international, salah satunya Holycow Steakhouse.Sang pemilik, Afif Dwi Purwanto mengaku bahwa lembaga Indonesia Research Institute Japan mengajak masyarakat Indonesia untuk melihat peluang berbisnis di Jepang.Lewat Be Smarter! Community ia semakin mengenal budaya, seni, ekonomi dan kehidupan sehari-hari di Jepang dan Indonesia yang mampu menginspirasi kehidupan sesuai dengan minat.”Kami akan membuka 2 restoran di Tokyo, Jepang. Di Jepang menu steak house memang sudah ada. Tapi rasa yang kami tawarkan tentu sangat berbeda. Kami memiliki rasa yang khas Indonesia dengan rempah-rempah Tanah Air. Kalau disana (Jepang) masaknya hanya pakai garam dan saus disertai nasi,” jelasnya akhir pekan kemarin di BSD City, Tangerang.

Menurutnya, Jepang memiliki daya beli tinggi, budaya korporasi yang kuat dan brand sudah diterima di seluruh dunia. Hal inilah yang membuatnya bertekad menembus Jepang karena bisa menjadi sebuah modal kekuatan untuk memulai bisnis.

Dengan menggunakan 8 jenis bumbu rempah-rempah seperti rosmeri, daun popohan, bawang, dan lainnya. Masak steak cukup simple karena gunakan mesin pemanggang dengan suhu 200-300 derajat celcius hingga tingkat kematangan medium agar vitamin dan kandungan airnya masih terjaga.

Sementara untuk daging sapi masih impor dari Australia, Jepang dan Amerika Serikat. Itu dikarenakan daging lokal belum memenuhi syarat yang baik. Demi mencari lokasi yang strategis, dirinya menggandeng Albertus Prasetyo Heru Nugroho, President Indonesia Research Institute Japan.

“Kalau di Jepang nantinya berhasil, saya rencana juga akan membuka cabang baru di Filipina, Korea dan Tiongkok. Jepang akan jadi kunci membuka bisnis FnB (food and beverage) di negara lainnya,” tutupnya. [H-15/L-8]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *