Restoran Tiongkok Berbintang di London Kedapatan Sajikan Sup Sirip Ikan Hiu

manajemen-restoran-tim-ho-wan_20150419_194004Sirip ikan hiu sudah dilarang untuk dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk di Inggris. Namun, sebuah restoran berbintang di London ketahuan menyajian menu sup sirip ikan ini dan ditangani pihak berwajib setempat.Larangan konsumsi sirip ikan hiu karena populasi ikan hiu terus berkurang di dunia. Apalagi setelah sirip ikan diambil, ikan hiu akan mati. Sementara perdagagan gelap sirip ikan ini masih saja marak di dunia. Karena harganya mahal.Diduga restrain Royal China Club di London memasukkan sirip ika secara illegal. Investigasi dipimpin oleh Westminister City Council di bidang perdagangan. Hal ini dilakukan setelah Jason Chan, marketing manager restoran tersebut membeberkan pada beberapa media Januari lalu.

Ia menyatakan restorannya punya menu-menu eksotik yang tidak tertulis dalam daftar menu. Seperti sup sirip ikan hiu dan hidangan eksotik lainnya.

Restoran tersebut kedapatan mengimpor sirip ikan hiu melalu pos dari Hong Kong, untuk mengelabui undang-undang impor Inggris.

Investigasi dilakukan dan ditemukan bahwa mereka mengimpor produk yang dilarang. Kami akan mengambil tindakan yang sesuai terhadap restoran tersebut,’ demikian tutur penyidik seperti dikutip dari The Independent (19/04).

Perusahaan penerbangan Amerika telah menghentikan pengiriman sirip ikan hiu ke Amerika dari Costa Rica karena bertentangan dengan Endangeres Species Art. Namun, sirip ikan hiu tersebut masih dikirim ke Hong Kong yang hingga kini masih menyediakan menu tersebut.

Menurut UK Department for Environment, Food and Rural Affairs, tindakan imp or sirup ikan hiu yang dilakukan oleh restoran bukannya tidak sah. Tetapi, harus dilakukan melalui jalur yang benar. Meskipun badan perlindungan sudah melakukan pelarangan.

Restoran Royal China Club tidak harus mencoret sup sirip ikan hiu dalam menunya. Tetapi mereka harus melakukkan impor sirip ikan hiu melalui jalur yang sudah ditentukan.

(odi/odi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *