Sambut Kaisar Baru, Restoran Ini Buat Burger Jumbo Sebesar Bola Sepak

restoran

Sebuah restoran di Tokyo, Jepang memiliki cara tersendiri untuk merayakan naik tahtanya kaisar baru bulan depan. Restoran itu membuat sebuah hamburger wagyu berukuran sebesar bola sepak yang disajikan dengan roti bertabur emas. Hamburger untuk hari istimewa ini dihargai tidak murah yaitu 900 dollar AS atau sekitar Rp 12,8 juta per porsi.¬†Penganan seberat tiga kilogram itu dipersiapkan para juru masak di rumah makan steak Oak Door di distrik Roppongi dan mulai dijual pada Senin (1/4/2019). Hamburger ini memiliki diameter 25 centimeter dan berisi foie gras, daging sapi Jepang, dan jamur truffle hitam segar. “Kami ingin melakukan sesuatu untuk merayakan datangnya kaisar dan era baru bagi Jepang,” kata kepala juru masak Patrick Shimada.

“Makanan ini juga memberi saya lebih banyak sentuhan dengan akar Jepang saya,” tambah Shimada. Burger emas raksasa ini dibuat khusus untuk menyambut naik tahtanya Pangeran Naruhito pada 1 Mei mendatang dan menandai era baru Jepang. Meski dibuat untuk perayaan khusus, burger raksasa ini akan tetap ada di dalam menu restoran hingga akhir Juni mendatang. Kaisar Jepang Akihito akan lengser dari tahta kekaisaran pada akhir April. Dia menjadi kaisar Jepang pertama yang mengundurkan diri dalam 200 tahun terakhir. Di abad pertengahan, memasak daging khususnya daging sapi di Jepang bisa membuat seseorang terkena masalah. Selama 1.200 tahun rakyat Jepang dilarang mengonsumsi daging, pertama kali diperintahkan lewat sebuah dekrit pada abad ketujuh. Larangan memasak dan menyantap daging ini baru berakhir di masa pemerintahan Kaisar Meiji pada 1872.

Sementara, burger ala Amerika mulai populer dan merebut hati warga Jepang usai Perang Dunia II. “Saat ini banyak kedai penjual burger di Jepang,” kata Shimada. “Coba susuri jalanan dan Anda bisa mendapatkan burger nyaris di mana saja,” tambah Shimada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *