Tanpa Karyawan, Restoran di China Ini 100 Persen Dilayani Oleh Robot

Netizen Jepang ternyata kagum dengan restoran futuristik di China. Restoran ini benar-benar semuanya dilayani oleh robot. Keren!
6b1b6806-6c20-4c65-8cb3-01ac01eb4ce2
Sebuah video yang dibagikan oleh pengguna Twitter Shao pada hari Sabtu lalu menampilkan sebuah restoran di China yang semua kegiatannya dilakukan tanpa bantuan manusia.Dalam Tweet yang telah menerima lebih dari 23.000 like dan 17.000 komentar, Shao menunjukkan bagaimana sistem dengan teknologi tinggi bekerja di restoran ini.Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan jika ingin memesan makanan di sini. Pertama, pilih pesanan melalui layar sentuh yang telah disediakan. Kemudian bayar makanan dengan menggunakan smartphone Anda sebelum melanjutkan ke langkah mengambil makanan.

Di dalam video ini, Shao memesan hidangan mi yang langsung disajikan oleh sebuah lengan robot. Semangkuk mi dengan wadah bertutup ini disajikan hangat-hangat.

Shao pun kemudian menikmati mi tersebut di sebuah meja. Ketika telah selesai makan, pelanggan dapat menekan tombol di meja dan membuat permukaan meja terbuka sehingga wadah makanan yang sudah kosong langsung terbuang ke tempat penyimpanan sampah yang berada di bagian bawah meja.”Saya khawatir kalau ada orang yang kehilangan kunci atau ponsel secara tidak sengaja. Menakutkan!,” ucap netizen lain.

Beberapa orang juga meragukan kebersihan dan bau dari sisa sampah tersebut ketika meja terbuka. Meskipun tidak disebutkan nama restorannya. Akan tetapi tampilannya sangat mirip dengan restoran otomatis milik raksasa e-commerce asal Tiongkok yaitu Alibaba dan merek katering Wufangzhai yang dibuka pada bulan Januari lalu di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Restoran yang diusung oleh kedua perusahaan ini memang memiliki fitur pemesanan cerdas, layanan otomatis, hingga pembayaran otomatis. Akan tetapi yang memasak makanan masih menggunakan jasa manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *