Tetap Aman Makan di Restoran Saat Pandemi COVID-19, Ini Tips dari Dokter

Tetap Aman Makan di Restoran Saat Pandemi COVID-19, Ini Tips dari Dokter

5eec6af4ec19b

Pelatihan Restoran – Sudah banyak restoran di Indonesia yang memperbolehkan makan di tempat meski pandemi belum berakhir. Hal ini juga demi menjaga berlangsungnya bidang ekonomi di masa adaptasi kebiasaan baru.

Meski sudah diperbolehkan makan di restoran, namun pembeli atau pengunjung diminta untuk tetap menjalankan berbagai cara pencegahan COVID-19.

Dokter Muhammad Fajri Adda’i dari Junior Doctor Network dalam bincang-bincang dari Graha BNPB, Jakarta pada Minggu lalu, memberikan beberapa tips agar pengunjung tetap bisa makan di restoran sembari tetap aman dari COVID-19.

  1. Cuci Tangan

Saat pertama kali datang ke restoran, yang harus dilakukan pertama kali adalah mencuci tangan. Di sini pengelola juga harus menyediakan sarana tersebut.

  1. Cek Suhu Tubuh

“Restoran juga harus cek siapa pun yang masuk ke dalam restoran harus dicek suhunya. Jadi kalau sudah ada demam atau batuk jangan dipersilahkan masuk,” kata Fajri, ditulis Selasa (21/7/2020).

  1. Memilih Restoran

Fajri menyarankan masyarakat memilih restoran dengan sirkulasi atau ventilasi udara yang baik misalnya yang berkonsep ruang terbuka.

  1. Gunakan Sarana Digital

Pengelola restoran serta pengunjung disarankan menggunakan sarana digital untuk berbagai hal salah satunya adalah memesan makanan serta pembayaran

“Jadi kita tidak terlalu banyak bertemu dengan orang dan mengurangi risiko kontak dengan orang,” ujarnya. Untuk pengelola tempat makan juga bisa menggunakan sarana digital untuk pemasaran.

  1. Tidak Bicara Terlalu Keras

Saat di restoran, pengunjung disarankan untuk tidak bicara terlalu keras saat makan.

“Pemilik restoran juga jangan menyetel lagu atau backsound. Kalau misalnya ada backsound, kita pasti bicara akan lebih kencang sehingga droplet yang dilepaskan akan lebih banyak dan potensi jadi lebih sering,” kata Fajri.

  1. Lebih Disarankan Bawa Pulang

Fajri tetap menyarankan apabila bisa dibawa pulang, belilah makanan untuk dikonsumsi di rumah. Namun jika tidak bisa, tak masalah untuk makan di tempat dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>