Posisi Alat Makan yang Benar dalam Etika Table Manner

Etika meja bukan hanya sekadar aturan formalitas, tetapi juga mencerminkan tingkat sopan santun seseorang. Salah satu aspek penting dalam etika meja adalah posisi alat makan yang benar. Mengetahui cara meletakkan dan menggunakan alat makan dengan benar akan meningkatkan kesan beradab saat bersantap. Berikut adalah panduan singkat mengenai posisi alat makan yang benar dalam etika table manner.

Baca juga: Pelatihan Pengelolaan Daging sebagai Pendorong Keunggulan di Restoran

1.      Piring Utama di Posisi Tengah:

Piring utama, baik itu piring makan atau soup plate, diletakkan di tengah tempat duduk. Posisi ini menciptakan dasar untuk penataan alat makan lainnya. Pastikan piring utama selalu berada di posisi tengah, memberikan kesan simetris dan rapi.

2.      Garpu di Sisi Kiri, Pisau dan Sendok di Sisi Kanan:

Garpu selalu diletakkan di sisi kiri piring, sedangkan pisau dan sendok berada di sisi kanan. Penempatan ini mencerminkan tradisi umum dalam budaya barat dan bisa diikuti sebagai panduan dasar.

3.      Pisau Menghadap Piring:

Pisau selalu diatur dengan mata pisau menghadap piring. Ini tidak hanya untuk memudahkan penggunaan, tetapi juga menunjukkan kesopanan. Ketika tidak digunakan, pisau diletakkan di sebelah kanan piring dengan mata pisau menghadap ke dalam.

4.      Letakkan Sendok di Sisi Kanan Pisau:

Sendok ditempatkan di sebelah kanan pisau. Jika Anda menggunakan sendok dan garpu bersamaan, letakkan sendok di bagian luar garpu.

5.      Posisi Gelas di Atas dan di Kanan Piring:

Gelas diletakkan di sebelah kanan piring, di atas sendok dan pisau. Jika ada lebih dari satu gelas, gelas air ditempatkan di sebelah kiri gelas anggur.

6.      Perhatikan Jarak yang Tepat:

Pastikan jarak antar alat makan dan gelas cukup untuk memberikan ruang yang nyaman saat bersantap. Hindari penumpukan yang dapat menciptakan kesan tidak rapi.

Dengan memahami dan mengikuti posisi alat makan yang benar dalam etika table manner, kita tidak hanya menunjukkan tingkat kesopanan yang tinggi tetapi juga menciptakan pengalaman bersantap yang menyenangkan dan berkesan. Etika meja yang baik tidak hanya relevan dalam acara formal, tetapi juga mencerminkan karakter dan penghargaan terhadap orang lain, yang dapat diaplikasikan dalam berbagai situasi sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi admin kami di (0812-3299-9470).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *